Resep Es Selendang Mayang Asli Betawi

Written By Unknown on Jumat, 11 April 2014 | 23.20

Resep Es Selendang Mayang. Ingin membuat es selendang mayang asli betawi? Berikut resep dan cara membuatnya.

Namanya mungkin tidak setenar es cendol, es buah, atau pun es kelapa. Namun minuman khas betawie yang sudah jarang ditemui ini tidak kalah kesegarannya jika dibandingkan dengan minuman tradisional lainnya. Meskipun sudah langka,bukan berarti bahan dasar dari minuman ini sulit didapat. Bahan-bahan seperti sagu aren dan tepung hunkwe dapat dengan mudah kita temukan.

Adonan selendang mayang dibuat seperti agar-agar, biasanya berwarna merah diatasnya, putih ditengah, serta hijau dibawahnya sehingga menarik untuk dilihat. Warna-warna yang cantik ini mengingatkan akan warna selendang. Karenanya disebut 'selendang mayang'.

Adonan selendang mayang yang sudah dipotong-potong disajikan bersama dengan kucuran sirop gula Jawa atau coco pandaan, kuah santan, dan potongan es batu. Rasanya manis legit dengan semburat rasa gurih santan yang enak! Disantap saat dingin bikin segar suasana.Karena selalu disantapa dingin maka dikenal juga dengan sebutan Es Selendang Mayang. Pedagang es selendang mayang masih dapat anda temui di sekitaran Museum Jakarta, namun jika tidak ingin berpanas-panas pergi ke sana, anda dapat membuatt sendiri es selendang mayang dirumah.

Resep Cara Membuat Es Selendang Mayang

Bahan :
750 ml air
2 lembar daun pandan
100 gr tepung hunkwe
15 ml air daun suji dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan
50 gr tepung beras
3 tetes pewarna merah muda
2 tetes pewarna hijau tua

Bahan Saus :
150 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
3 tetes pewarna merah
100 ml air

Bahan Kuah Santan :
500 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Bahan Pelengkap :
600 gr es serut

Resep Es Selendang Mayang Betawi

  1. Rebus air daun pandan, tepung hunkwe, tepung beras, vanili dan garam sambil di aduk sampai meletup letup lalu bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian tambahkan warna merah, lalu satu bagian lagi tambahkan pewarna hijau dan air daun suji dan satu bagian lagi biarkan berwarna putih.
  2. Tuang adonan hijau ke dalam loyang 24 x 10 x 4 cm yang telah di oles dengan minyak lalu ratakan, tuang adonan putih di atasnya, tuang lagi adonan merah di atasnya, diamkan sampai dingin, lalu potong sesuai selera.
  3. Untuk bahan saus : rebus bshan saus sambil sesekali di aduk hingga mendidih lalu angkat dan dinginkan.
  4. Untuk kuah santan : rebus santan, daun pandan, garam sambil di aduk hingga mendidih lalu angkat dan dinginkan.
  5. Sajikan potongan selendang mayang bersama siraman saus, santan dan es batu.

Ternyata cukup mudah dalam menciptakan makanan tradisional ini? Ok Bunda, selamat mencoba Resep Es Selendang Mayang. Semoga berhasil.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Resep Bunda Abror

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Resep Es Selendang Mayang Asli Betawi yang ditulis oleh Resep Bunda Abror yang berisi tentang : Resep Es Selendang Mayang. Ingin membuat es selendang mayang asli betawi? Berikut resep dan cara membuatnya. Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 23.20

0 komentar :

Posting Komentar

Statistik