Resep dan Cara Membuat Es Cendol Tepung Beras

Written By Unknown on Jumat, 11 April 2014 | 21.26

Resep dan Cara Membuat Es Cendol. Ingin membuat es cendol yang super nikmat? Bahan yang dibutuhkan mudah didapat. Berikut resep dan cara membuat es cendol tepung beras.

Cuaca panas membuat metabolisme tubuh meningkat, dalam cuaca seperti ini paling enak menyantap minuman dingin yang juga berfungsi ganda untuk mengenyangkan perut.  Salah satu minuman yang dapat mengatasi kebutuhan ini adalah es cendol. Bulir hijau disiram santan dengan gula merah dan es batu membuat siapa pun yang melihat jajanan tradisional ini pasti tergiur untuk membelinya. Apalagi, biasanya jajanan ini disajikan dengan menggunakan plastik sehingga kesegaran dari es cendol akan nampak lewat embun es  yang muncul pada permukaan plastik dari wadah es.

Cendol yang berbahan dasar daun suji memiliki beberapa bahan kimia, diantaranya saponin dan flavonoid yang bermanfaat untuk anti-inflamai serta anti-disentri. Sedangkan sifatnya yang mendinginkan dipercaya dapat menyejukan tubuh dikala panas. Minum es cendol juga baik bagi wanita yang sedang datang bulan, karena mengurangi nyeri saat haid setidaknya begitu informasi yang didapatkan oleh resep minuman dingin

alat untuk membuat es cendol
cetakan es cendol

hasil cetakan cendol tepung beras pandan
Hasil cetakan cendol

resep dan cara membuat es cendol hijau pandan
es cendol siap disajikan


Bahan-bahan yang dibutuhkan :
100 gram tepung beras.
20 gram tepung hunkwe.
50 gram tepung kanji.
100 ml air yang di ambil dari sari daun panan.
100 ml air di ambil dari sari daun suji.
500 ml air matang.
¾ sdm air kapur siri.
½ gram garam halus.

Bahan untuk membuat santan kelapa :
2 lembar daun pandan (ikat sampul)
1,5 liter santan kelapa.
1 sdt garam.

Bahan untuk pembuatan larutan gula merah :
250 ml air.
500 gram gula merah yang disisr halus.
75 gram gula pasir.
2 lembar daun pandan, kemudian ikat sampul.

Bahan pelengkap :
Kelapa muda yang dikeruk dagingnya.
Buah nangka matang, di iris.
Nata de coco.
Es batu.

Resep Es Cendol Tepung Beras

  1. Masukkan tepung beras, tepung kanji, tepung hunkwe, air dari sari daun suji dan sari daun pandan dan juga air kapur sirih kedalam panci, kemudian aduk hingga mengental.
  2. Tuang dalam cetakan cendol yang sudah diletakkan di atas baskom berisi air es. Tekan adonan cendol sampai cendol keluar dari saringannya. Sisihkan.
  3. Kemduian ditekan secara sedikit demi sedikit hingga keluar, lalu simpan dalam lemari es.
  4. Selanjutnya masak semua bahan untuk membuat santan kelapa hingga mendidih, lalu tiriskan.
  5. Untuk membuat air gula merah, masak semua bahan lalu aduk hingga air gula benar-benar mendidih. Kemudian angkat lalu tiriskan.
  6. Setelah itu, siapkan mangkok saji lalu tuangkan es batu, tambahkan juga cendol, kerukan daging kelapa muda, nata de coco dan juga irisan nangka. Lalu tuangkan larutan air santan dan air gula kedalam mangkok.
  7. Es cendol siap disajikan.

Es cendol merupakan minuman tradisional yang memiliki banyak nilai nostalgia didalamya, mungkin anda diantara anda yang pernah membuat minuman ini bersama orang tua? Tidak ada salahnya jika anda mengajak buah hati untuk membuat nikmatnya segelas penuh kesegaran dari es cendol dengan segudang manfaat.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Resep Bunda Abror

Blog, Updated at: 21.26

1 komentar :

Statistik