Resep Teh Susu Rempah

Written By Anonim on Selasa, 22 April 2014 | 09.39

Resep Teh Susu Rempah. Ingin menikmati sensasi yang berbeda dari segelas susu? Susu rempah dapat menjadi pilihan. Berikut ini adalah resep dan cara membuat teh susu rempah yang kami dapat dari vemale.com

Tidak jarang, masyarakat Indonesia menjadikan rempah-rempahan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat minuman tradisional. Salah satu rempah yang umum digunakan adalah kayu manis. Kayu manis atau yang memiliki nama latin Cinnamomum burmani juga memiliki efek farmakologis yang dibutuhkan dalam obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tumbuhan yang kulit, batang, daun, dan akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan ini berkhasiat sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, meningkatkan napsu makan (istomachica), menghilangkan sakit (analgesik), penambah vitalitas, hingga penurun kolesterol. Kandungan kimia ada terdapat dalam kayu manis adalah minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Sifat kimia dari kayu manis adalah pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.

Selain kayu manis, masih ada cengkeh yang biasanya ditambahkan sebagai penghiasa saat kita membuat nastar. Kuntum bunga cengkeh mengandung sejumlah minyak atsiri, juga sejumlah senyawa kimia seperti eugenin, asam oleanolat, asam galatanat, vanillin.

Cengkeh juga dianggap dapat menghangatkan, menghilangkan rasa sakit setempat, membantu mengeluarkan angin, mengharumkan anti bakteri, menghilangkan kejang perut.

Bagi anda yang saat ini terjangkit flu atau dalam kondisi tubuh yang tidak prima, cobalah untuk meramu resep Teh Susu Rempah berikut ini!

Resep Teh Susu Rempah
Resep Teh Susu Rempah (Vemale.com)


Bahan Teh Susu Rempah :
  • 100 gr daun teh hitam (Jasmine Black Tea)
  • 1 ltr air
  • 10 bh kapulaga hijau
  • 1 btg kayu manis
  • 3 btr cengkih
  • 250 ml susu evaporated
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Teh Susu Rempah :
  1. Masak air hingga mendidih, masukkan daun teh, kapulaga, kayumanis dan cengkih, biarkan mendidih selama lk. 10 menit.
  2. Angkat, saring. Tambahkan susu evaporated, aduk rata.
  3. Tuang ke dalam 4 bh cangkir teh, beri gula sesuai selera. Sajikan selagi panas.

Ditulis Oleh : Anonim ~ Resep Bunda Abror

Blog, Updated at: 09.39

0 komentar :

Posting Komentar

Statistik